Skip to content
Home ยป 3 Jenis Jasa Kontraktor Rumah

3 Jenis Jasa Kontraktor Rumah

Dalam sistem kerjanya, jasa kontraktor rumah tidak hanya mengerjakan proyek bangunan. Mereka melakukan pekerjaan tergantung spesifikasi yang mereka miliki. Masing-masing mengerjakan proyek berdasarkan bidang yang mereka tawarkan.

Secara garis besar, yang dikerjakan kontraktor adalah bagian konstruksi. Mulai dari konstruksi perumahan, fasilitas publik, hingga gedung perkantoran. Kontraktor akan bekerja berdasarkan isi kontrak yang telah disepakati dengan pemilik proyek.

Jenis jasa kontraktor

Tidak semua bidang bisa dikerjakan oleh kontraktor yang sama. Hal ini karena setiap kontraktor memiliki bidang keahlian masing-masing. Tentu saja tugas mereka juga berbeda-beda berdasarkan keahlian yang dimiliki. Untuk lebih jelasnya, berikut jenis jasa kontraktor rumah yang perlu kamu ketahui:

  1. Kontraktor bidang arsitektural

Jenis yang pertama adalah kontraktor bidang arsitektural. Kontraktor arsitektural merupakan arsitek yang mengerjakan unit kontraktor. Jadi arsitek bukan hanya seseorang yang merancang bangunan. Lingkup kerjanya lebih luas lagi hingga perancangan interior dan eksterior bangunan.

Kontraktor arsitektural tidak hanya membangun perumahan dan gedung. Mereka juga merancang pembangunan jembatan, jalan, dan berbagai infrastruktur umum lainnya. Kontraktor bertanggung jawab terhadap hal-hal yang bersifat teknis dan perancangan.

  1. Kontraktor bidang pekerjaan sipil

Selanjutnya juga ada jenis kontraktor bidang pekerjaan sipil. Tugas utama mereka adalah pada pembangunan jalan, jalur kereta api, landasan pesawat, terowongan, bendungan, hingga saluran drainase. Mereka juga mengerjakan konstruksi pabrik, tambang dan juga pekerjaan menghancurkan bangunan.

Jadi secara garis besar, kontraktor bidang pekerjaan sipil mengerjakan fasilitas-fasilitas umum. Biasanya kontraktor sipil dibagi ke dalam sub kontraktor. Setiap sub kontraktor memiliki spesialisasi masing-masing.

  1. Kontraktor bidang tata lingkungan

Ada juga jenis yang dinamakan kontraktor bidang pekerjaan tata lingkungan. Mereka mengurus berbagai hal yang memiliki hubungan dengan rencana penataan kota, detailnya meliputi pembangunan pengolahan air, pembangunan pengolahan limbah, dan menganalisis dampak lingkungan.

Demikian tiga jenis jasa kontraktor rumah yang perlu kamu ketahui. Diamping itu juga masih ada kontraktor bidang elektrikal dan kontraktor bidang mekanikal. Masing-masing memiliki spesifikasi dan melakukan tugas berdasarkan bidangnya.